Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu, Ayo Cek Sertifikat Tanah Kamu Disini

Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu - Pakaian, makanan, dan tempat tinggal adalah kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Tanpa ketiga hal ini, manusia tidak dapat melakukan kegiatan mereka seperti orang biasa.

Selain itu, dalam hal papan atau tempat berlindung, orang membutuhkan rumah untuk melindungi diri dari panas terik dan badai hujan.

Permintaan akan perumahan meningkat dengan meningkatnya populasi di daerah tersebut. Namun, lahan untuk perumahan tidak pernah bertambah. Itulah sebabnya harga sebuah rumah atau tanah jauh lebih mahal daripada dua kebutuhan pokok lainnya yaitu pakaian dan makanan.

Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu, Ayo Cek Sertifikat Tanah Kamu Disini

Harga tanah dan rumah yang mahal menciptakan peluang bagi elemen-elemen yang tidak bertanggung jawab yang mengambil keuntungan. Mulai mekar, sertifikat tanah ternyata besar atau tidak terbukti sah.

Dengan daya tarik harga yang lebih rendah, orang biasanya tertarik untuk membeli tanah dari elemen-elemen jahat ini. Bahkan, sertifikat tanah palsu tidak memiliki dasar hukum yang kuat jika tanah tersebut kemudian digugat.

Kekhawatiran seputar validitas sertifikat tanah umumnya disebabkan oleh prasangka publik sebelum proses transaksi. Di Indonesia, masalah yang paling umum adalah sertifikat penipuan dan salinan asli.

Karena itu, pemilik tanah harus memahami cara memeriksa sertifikat Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karena seringkali masalahnya bukan tentang proses hukum, tetapi kondisi fisik tanah yang tidak sesuai dengan aslinya.

Ada dua cara Anda dapat memeriksa validitas sertifikat tanah Anda. Pertama, Anda dapat datang ke kantor BPN untuk memeriksa validitas sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, pendaftaran tanah, sertifikat tanah, dan buku tanah.

Saat memeriksa validitas sertifikat tanah biasanya tidak terlalu lama. Hanya dalam satu hari, Anda sudah dapat mengetahui validitas sertifikat.

Jika BPN mengatakan itu aman, sertifikat akan dicap. Namun, jika Badan Pertanahan Nasional menganggap ada penyimpangan, plot biasanya akan diajukan. Merancang sendiri adalah upaya untuk mengirim BPN kepada pemohon, secara individu dan atas nama notaris, dengan tujuan memastikan keakuratan data sertifikasi.

Bisnis Plotting ini menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) untuk memasuki peta pendaftaran.

Nantinya, hasil plot akan menunjukkan apakah lokasi kepemilikan tanah konsisten dengan pernyataan sertifikat. Jika demikian, hasilnya akan divalidasi 100%. Artinya, data pendaftaran dan lokasi tanah itu valid.

Di sisi lain, jika tidak ada tanah yang ditemukan di lokasi, sertifikat tersebut dianggap tidak valid. Artinya, mungkin ada dalam data registri yang sudah terdaftar, tetapi dalam memeriksa lokasi menggunakan GPS adalah fiktif.

Cara kedua adalah melalui layanan online yang disediakan oleh BPN. Berikut ini beberapa cara untuk memeriksa validitas sertifikat tanah Anda secara online.

KiosK
KiosK adalah media informasi pertanahan yang tersedia di lobi atau kantor layanan Kantor Pertanahan. Melalui KiosK, orang dapat memperoleh informasi secara gratis dan gratis tanpa harus antre untuk bertemu dengan petugas di loket penjualan tiket.

Informasi yang terkandung dalam KiosK mencakup informasi tentang jenis layanan pertanahan dan persyaratannya, durasi dan aliran proses, informasi tentang biaya layanan dan simulasi, pengajuan permintaan informasi, informasi karyawan, informasi PPAT, dan informasi jadwal untuk Pick Up Ball (LARASITA).

Web
Layanan pemeriksaan sertifikat BPN online kedua tersedia melalui situs web resmi BPN RI, www.bpn.go.id.

Melalui situs ini ada dua layanan fitur di sekitar tanah, yaitu informasi tentang jenis layanan tanah dan persyaratannya, jangka waktu, aliran proses penyelesaian dan informasi tentang biaya layanan dan simulasi, serta informasi tentang file aplikasi.

Aplikasi BPN Go Mobile
Selain dua metode di atas, ada juga aplikasi BPN Go Mobile yang tersedia di perangkat komunikasi berbasis perangkat lunak Android. Ini adalah inovasi layanan yang diterapkan oleh Kantor Kota Surabaya II, untuk memudahkan orang mendapatkan informasi dengan cepat dan murah.

Melalui aplikasi Go Mobile BPN, orang dapat menemukan informasi tentang syarat dan ketentuan tanah, jadwal LARASITA dan informasi aplikasi. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store di ponsel Android.

Sentuh Tanahku
Badan Pertanahan Nasional juga telah meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku (Android dan iOS) untuk mendapatkan informasi orang dengan cepat dan mudah.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini termasuk Pemberitahuan, Informasi berkas, Plot Bidang tanah, Informasi Sertifikat, Lokasi bidang tanah, dan Informasi Layanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pada ponsel cerdas, Anda dapat mengetahui persyaratan, melacak proses mendapatkan sertifikat tanah, mengetahui lokasi sebidang tanah, dan mengetahui perhitungan biaya yang diharapkan.

Semua pengguna perangkat berbasis Android dan iOS dapat mendaftar untuk menjadi pengguna aplikasi Sentuh Tanahku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel