Syarat dan Proses Mengurus Visa Schengen Sendiri

Syarat dan Proses Membuat Visa Schengen Sendiri - Melihat Menara Eiffel dari dekat, mengunjungi menara miring Pisa, atau melihat pertunjukan matador versus banteng yang terkenal mungkin menjadi impian sebagian orang yang suka bepergian.

Selain membuat rencana perjalanan ke Eropa dan membeli tiket, ternyata ada satu hal lagi yang dianggap penting oleh wisatawan yang ingin bepergian ke negara-negara di Eropa, yaitu mengurus Visa Schengen.


Syarat dan Proses Mengurus Visa Schengen Sendiri


Dengan memperoleh visa Schengen, wisatawan dapat menjelajahi 26 negara Eropa. Negara mana yang dapat dieksplorasi menggunakan visa Schengen? Berikut daftarnya:

Negara Schengen di Eropa Utara: Denmark, Estonia, Finlandia, Irlandia, Latvia, Lithuania, Norwegia, Swedia.

Negara Schengen di Eropa Selatan: Malta, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Slovenia.

Negara Schengen di Eropa Timur: Polandia, Hongaria, Republik Ceko, Slovakia.

Negara Schengen di Eropa Barat: Perancis, Belgia, Belanda, Luksemburg, Jerman, Swiss, Austria, Liechtenstein.

Banyak wisatawan menganggap mengurus Visa Schengen tidak mudah. Ada orang yang khawatir aplikasi mereka akan ditolak, sementara yang lain berpikir bahwa kondisinya tidak mudah. Berhentilah memikirkan hal-hal negatif ini. Jika Anda ingin mengelola visa Schengen dengan mudah, Anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut:

Tentukan Visa Schengen dari Satu Negara
Secara umum, ketika Anda ingin mengunjungi benua Eropa, wisatawan tidak akan mengunjungi hanya satu negara, setidaknya 3 negara akan dikunjungi.

Apakah dari 3 negara, maka kita akan membuat 3 visa Schengen? Tentu saja tidak, karena itu kita harus menentukan satu negara untuk mengurus pembuatan Visa Schengen.

Beli Tiket ke Negara yang Ditentukan
Setelah menentukan negara untuk membuat Visa Schengen, langkah selanjutnya adalah membeli tiket ke negara yang ditunjuk. Biasanya negara pertama yang akan kita kunjungi. Pembelian tiket ini penting karena untuk mengurus Visa Schengen diperlukan bukti tiket sebagai dokumen persyaratan.

Beli Polis Asuransi
Satu langkah yang dapat Anda ambil setelah membeli tiket ke negara yang telah ditentukan adalah dengan membeli polis asuransi. Dalam memilih asuransi perjalanan, Anda harus memperhatikan ruang lingkup polis yang dimiliki.

Ada banyak asuransi perjalanan yang bisa Anda beli online sebelum mengurus Visa Schengen, salah satunya adalah Asuransi Mega. Mega Insurance adalah salah satu penyedia layanan asuransi dari Indonesia yang telah memiliki sertifikasi Schengen (Bersertifikat Schengen). Jadi dengan menggunakan Asuransi Mega, membuat Visa Schengen bisa lebih mudah.

Siapkan Persyaratan Lengkap
Nah, sekarang, Anda harus pergi ke kedutaan negara yang telah ditentukan untuk mengurus Visa Schengen. Sebelum pergi ke kedutaan, pastikan persyaratan visa sudah lengkap. Persyaratan ini meliputi:

- Paspor dan fotokopi asli
- Foto paspor
- Formulir aplikasi visa Schengen
- Bukti Pemesanan Tiket Penerbangan

- Bukti Akomodasi Hotel

- Fund untuk Visa

- Rek. Koran selama 3 bulan terakhir

- Bukti Penghasilan & Aset

Kirim File Permohonan Visa
Setelah menyelesaikan dokumen persyaratan visa, maka Anda harus menyerahkan file permohonan visa ke kedutaan negara yang telah Anda tentukan sendiri. Nantinya dokumen yang telah disiapkan akan diperiksa dan dokumen asli akan dikembalikan (kecuali paspor). Pengajuan dokumen ke kedutaan tidak membutuhkan waktu lama, sekitar 1 hingga 2 jam.

Melakukan Wawancara dengan Kedutaan Besar
Setelah mengirimkan file permohonan visa untuk mengelola Visa Schengen, maka Anda tinggal menunggu wawancara dengan kedutaan. Jadwal wawancara akan ditentukan oleh kedutaan, dan nanti Anda akan dihubungi oleh kedutaan.

Menunggu Visa Schengen yang diterbitkan
Langkah terakhir adalah langkah yang bisa membuat Anda bergetar. Menunggu visa Schengen Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah untuk mengelola Visa Schengen sesuai prosedur dan persyaratan dipenuhi, jangan khawatir 90% dari visa Anda akan dikeluarkan dan tidak ditolak oleh kedutaan negara tempat Anda akan pergi.

Jadi, mudah mengurus Visa Schengen? Yang penting adalah mengikuti langkah-langkah dan memenuhi persyaratan. Jika sudah diterbitkan, maka Anda tinggal menunggu waktu perjalanan yang sudah Anda tunggu-tunggu. Semoga perjalanan Anda menyenangkan ke Eropa dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel