Siapa Yang di Maksud Fresh Graduate?

fresh graduate karir - Siapa yang dimaksud dengan fresh graduate? Berapa banyak waktu yang telah berlalu sejak lulus untuk seseorang yang masih dikategorikan sebagai fresh graduate?

Apakah pelamar yang telah bekerja selama beberapa bulan akan dibayar sama dengan mereka yang baru saja lulus?

Kontroversi berebut pekerjaan antara mereka yang belum memiliki pengalaman kerja dan sudah memiliki pengalaman kerja. Ada pekerjaan yang perlu persyaratan khusus karyawan berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Jawab:
Definisi fresh graduate (lulusan baru) di Indonesia biasanya mengacu pada lulusan perguruan tinggi, baik tingkat diploma atau sarjana, yang hanya lulus dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan sejak lulus dan secara resmi mendapatkan diploma.

Siapa Yang di Maksud Fresh Graduate?

Lebih dari itu, tentu saja tidak dapat dikategorikan sebagai fresh graduate, terlepas dari apakah orang tersebut telah bekerja atau belum.

Alasan mengapa pelamar yang hanya dipekerjakan untuk periode beberapa bulan dalam remunerasi kemudian dibandingkan dengan lulusan baru adalah karena pengalaman kerja yang hanya beberapa bulan tidak akan membuat seorang kandidat memiliki kualifikasi yang jauh lebih unggul daripada fresh graduate.

Jadi tidak ada pembenaran untuk memberikan remunerasi yang lebih tinggi.

Kalaupun ada perbedaan, biasanya jumlahnya tidak akan terlalu signifikan. Perbedaannya mungkin hanya sekitar 10% hingga 15%, atau bahkan kurang dari itu.

Di beberapa perusahaan besar di Indonesia yang memiliki program Management Trainee (MT), gaji sedikit lebih tinggi diberikan kepada peserta MT yang memiliki ijazah dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Artinya, gaji lulusan S2 akan sedikit lebih tinggi dari gaji lulusan S1 saat mengikuti program.

Namun, setelah program MT, gaji dan paket remunerasi lainnya tentu akan menyesuaikan dengan kinerja masing-masing.

Jadi, mungkin untuk beberapa tahun setelah gaji lulusan S1 melebihi gaji rekan yang lulus S2 jika kinerja kerjanya memang brilian, meskipun lulusan S2 pada awalnya mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

BUMN pun membuka Lowongan kerja fresh graduate, karena memang tujuan pemerintah agar tunas bangsa mau belajar pendidikan formal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel