Syarat Donor Darah di PMI dan Rumah Sakit

Syarat Donor Darah - Donor darah adalah kegiatan ketika seseorang bersedia memberikan darah kepada yang membutuhkan secara sukarela. Tidak semua bisa mendonorkan darahnya, Ada beberapa syarat donor darah yang perlu Anda ketahui.

Donor darah merupakan tindakan yang sangat mulia, karena bisa sangat bermanfaat bagi orang lain. Namun, perlu di perhatikan dampak akibat yang di berikan positif atau negatif, merugikan diri sendiri atau orang lain.

Syarat Donor Darah

Maka dari itu, setiap pendonor harus di cek terlebih dahulu kesehatannya sesuai dengan SOP PMI. Jika memenuhi syarat, pendonor di perbolehkan mendonor.

Apa syarat donor darah di PMI dan di Rumah Sakit?

Anda bisa berdonor darah dengan syarat :
  • Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orangtua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  • Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Catat jadwal donor darah agar tidak lupa.
  • Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter
Cara daftar tidak ribet, langsung datang saja ke PMI terdekat, petugas akan cek darah anda sebelum mengambil darah. Jika tidak memenuhi syarat, maka PMI berhak menolak.

Ada bermacam-macam  efek samping setelah donor darah yaitu ngantuk, lemas, pusing, dan ada yang tidak merasakan efek samping.

Kenapa darah di jual?
Darah tidak jual perbelikan, agar darah tetap awet di tempatkan pada tempat khusus dan memasukkan darah ke tubuh seseorang di perlukan alat sekali pakai, maka dari itu di haruskan membayar bagi yang membutuhkan darah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel