Syarat Daftar Haji

Syarat Daftar Haji - Haji adalah Ibadah ziarah umat Islam tahunan ke kota Mekkah, kota suci umat Islam, dan sebagai kewajiban bagi umat Islam yang harus dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua orang Muslim dengan syarat secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat dukungan dari keluarga.

Calon jemaah haji sebelum berangkat haji ke tanah suci di wajibkan melengkapi persyaratan dan prosedur haji. Syarat ini untuk memenuhi pelayanan panita haji, yang tidak melengkapi persyaratan haji maka panitia tidak bertanggung jawab.

Syarat Daftar Haji

Syarat daftar haji 2019 tidak jauh berbeda dengan 2018, begitupun nantinya di tahun 2020 2021 2022 akan ada persyaratan terbaru menyesuaikan permintaan negara Arab saudi dan Indonesia. Biaya berangkat hanya 30 juta - 40 juta rupiah.

Prosedur Tata Cara Pendaftaran Haji Reguler yang lengkap akan di jelaskan oleh pihak kementerian agama wilayah kabupaten.

Syarat– Syarat Pendaftaran Haji Reguler :
  1. Uang setoran awal BPIH Minimal Rp. 25 juta
  2. Calon Jemaah Haji (CJH) membuka tabungan di Bank Penerima Setoran (BPS) Badan Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) sejumlah Rp. 25 Juta (Setoran Awal)
  3. Fotocopy Buku Tabungan Haji sebanyak 5 Lembar (Lembar No Rekening & Lembar Nominal)
  4. Fotocopy KTP sebanyak 10 lembar
  5. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 3 Lembar
  6. Fotocopy Akte Kelahiran/Akte Kenal Lahir/Ijazah/Buku Nikah sebanyak 3 Lembar
  7. Fotocopy Surat Keterangan Sehat Jasmani & Rohani dari Puskemas Setempat Sebanyak 3 Lembar
  8. Foto di Kantor Kementerian Agama – Pas Photo khusus haji ( Ukuran 3X4 = 35 Lembar, Ukuran 4X6 = 15 Lembar dan 10 R 1 (khusus 10 R langsung dipres) lembar dengan Ketentuan:
  9. Tidak berpakaian dinas, Photo berwarna dan berlatar belakang putih Berpakaian dan jilbab yang kontras dengan latar belakang (Tidak berpakaian warna putih, tidak memakai jilbab putih dan kopiah haji (Kopiah yang berwarna putih bagi laki-laki) Tidak memakai kacamata (baik laki-laki maupun perempuan) Pas Photo ukuran wajah tampak 80%
Setelah Kementerian Agama Kabupaten menyatakan persyaratan lengkap dan calon jamaah mendapatkan nomor porsi haji, segera cek nomor porsi tersebut di website KEMENAG RI. Estimasi pemberangkatan haji minimal 15 tahun di hitung mulai daftar haji.

Cari panduan berangkat haji (manasik haji) sebelum panggilan berangkat haji tiba, segera minta restu serta minta maaf kepada saudara, kerabat dan orang yang pernah kalian temui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel